Ayo Cari Tahu Bersama - Sama

Kamis, 25 Mei 2023

Biografi Freddie Mercury, Sang penyayi Bohemian Rhapsody

Kalian pasti tahu tentang Grup musik rock Terkenal yaitu QUEEN dengan lagu yang berjudul "Bohemian Rhapsody" dengan penyanyi yang menyanyikannya bernama Freddie Mercury.


Freddie Mercury memiliki nama asli Farrokh Bulsara, Lahir pada 5 september 1946 di Zanzibar, Kedua orangtuanya, Bomi dan Jer Bulsara adalah orang Parsi dari Gujarat, India. Sang ayah bekerja di kantor pemerintahan Inggris di Zanzibar.


Freddie kecil dikirim orangtuanya bersekolah di India. Di usia tujuh tahun, dia mulai belajar memainkan piano. Pada 1958, saat berusia 12 tahun dia membentuk band The Hectics dengan teman-teman sekolahnya.

Saat terjadinya revolusi di Zanzibar yang ingin menjadi bagian dari negara Tanzania yang merdeka pada 1964, orangtuanya mengajak Freddie dan adik perempuannya, Kashmira, pindah ke Inggris.

Di Inggris, Freddie melanjutkan pendidikannya dengan mengambil jurusan seni grafis dan desain di Ealing Art College dan meraih gelar sarjana pada 1969.


Pada April 1970, Freddie saat itu bertemu dengan Brian May dan Roger Taylor, gitaris dan Drumer grup band Smile, setahun kemudian John Deacon bergabung dan mereka pun membentuk Grup band Queen yang kita kenal sampai sekarang.

Bersama Queen, Freddie memulai debut rekaman dan merilis album perdana pada 1973, yang diberi tajuk sama dengan nama band mereka. 

Setahun berselang, Queen II rilis, dilanjutkan dengan Sheer Heart Attack pada 1974. Ketiga album pertama tersebut dianggap belum berhasil meraih perhatian penikmat musik di Inggris maupun AS.

Namun karena single Killer Queen yang ada pada album ke tiga, mereka mampu menduduki peringkat 12 tangga lagu AS dan peringkat 2 tangga lagu inggris.

Grup band Queen mulai merilis album ke 4 "Night at the Opera" pada 1975.

Dalam album tersebut ada single yang berjudul "Bohemian Rhapsody"sebuah lagu rock yang sebagian besar ditulis oleh Freddie dan berdurasi hingga lima menit 55 detik.


Durasi lagu yang lama dianggap terlalu beresiko, namun banyak sekali orang yang menyukainya hingga mampu menduduki peringkat pertama tangga lagu di inggris dan masuk 10 besar di AS.

Freddie dikenal memiliki rentang vokal 4 oktaf, Freddie juga banyak berperan penting dalam menulis lagu di Queen. selain Bohemian Rhapsody, Freddie juga menulis lagu Seven Seas of Rhye, Somebody to Love, Good Old-Fashioned Lover Boy, Bicycle Race, Don't Stop Me Now, dan We Are the Champions. Freddie juga seorang performer yang terampil dan mampu menghibur penonton, Tak jarang dia tampil di panggung dengan mengenakan kostum ketat dan mencolok.

Bersama Queen, Freddie meraih popularitas hingga 1980-an. Meski demikian, Freddie sempat mencoba bersolo karier pada 1972 dengan menggunakan nama panggung Larry Lurex. Dia sempat merilis dua album bertajuk Mr Bad Guy (1985) dan Barcelona (1988), serta beberapa single.

Diluar tak jarang Freddie menjadi sorotan karena Orientasi Seksualnya. Banyak orang yang menduga kalau Freddie merupakan penyuka laki-laki dan perempuan.

Pada awal 1970-an, Freddie menjalin hubungan asmara dengan seorang wanita bernama Mary Austin yang dikenalnya dari sang gitaris Queen, Brian May. Keduanya bahkan sempat tinggal bersama.


Pertengahan 1970-an, Freddie mulai menunjukkan hubungannya dengan seorang pria dan hubungannya dengan Austin berakhir. Meski kerap menunjukkan gelagat sebagai seorang gay, namun Freddie tidak pernah secara terbuka mengungkapkannya.

Pada oktober 1986, media inggris mengabarkan bahwa freddie mengalami penyakit HIV/AIDS. Namun Freddie menyebut bahwa hasil tes darahnya adalah negatif untuk HIV.

Namun isu tersebut tidak mereda karena melihat kondisi kesehatan Freddie yang terus menurun. Saat tampil dalam sebuah acara penerimaan penghargaan di Inggris pada 1990, Freddie tampak kurus. Pada 1991, Freddie tengah merampung proyek single-nya dengan Queen yang berjudul These Are the Days of Our Lives. Saat melakukan rekaman untuk video musik lagu tersebut pada bulan Mei, tampak Freddie yang bertubuh sangat kurus.

Mary Austin kembali muncul dalam kehidupan Freddie dan setia mendampinginya. Pada 22 November 1991, Freddie memanggil manajer Queen, Jim Beach untuk datang ke rumahnya guna mendiskusikan tentang pernyataan publik yang dirilis kemudian hari. Dan pada 23 November, Freddie membuat pernyataan resmi yang mengatakan bahwa dirinya mengidap HIV/AIDS.

Pernyataan tersebut dibuat tak lama sebelum kematian Freddie, pada 24 November 1991 sore. Penyebab resmi kematiannya adalah radang paru-paru yang disebabkan oleh penurunan daya tahan tubuhnya akibat AIDS. Freddie meninggal dunia di usia 45 tahun.


Tidak ada komentar:

Apa itu Dark Web? Isi, Kegunaan, Bahaya Dark Web !

Tak semua konten pada internet dapat di akses secara umum. Internet memiliki beberapa lapisan, salah satu lapisan pada internet yang sulit u...